Bukit Kasih Manado

Manado selalu identik dengan Bunaken. Namun bila anda berada di manado maka ada satu tempat lagi yang layak dikunjungi yaitu Bukit Kasih. Bukit kasih terletak di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan wilaya Minahasa Tenggara. Perjalanan ke wilayah ini ditempuh kurang lebih 2 jam dari kota Manado. Menuju Bukit Kasih seperti menuju Puncak Bogor Jawa Barat. Jalan yang dilalui berkelok-kelok dan penuh dengan tanjakan dan jalan yang memuat hanya 2 jalur kendaraan. Jadi bila ada truk mengalami kesulitan melakukan tanjakan, maka akan terlihat antrian kendaraan yang panjang.

Buat anda yang senang ngemil, jangan berharap ada Alfamart, Indomaret, Yomart atau yang lainnya yang bisa anda singgahi saat dalam perjalanan. Karena sangat sedikit toko-toko yang menjajakan minuman ringan dan cemilan sepanjang jalan. Jadi ada baiknya sudah belanja dulu di Kota Manado sebelum berangkat. Untuk anda yang muslim, ada baiknya hanya singgah di Rumah Makan Padang karena tempat inilah yang pasti aman dari B1 (Babi) dan B2 (Anjing). Buat yang non-muslim dan penggemar makanan ini, maka Kota Manado dan sekitarnya termasuk Tomohon menjadi surga bagi anda. Bahkan di Tomohon ada pasar yang menyediakan hampir semua binatang untuk dimakan termasuk tikus, ular, monyet, paniki (kalelawar) dan lain-lain. Anda tinggal bertanya pada guide atau teman anda mengenai tempat makan yang anda sukai.

Berada di Kota Tomohon sangat menyenangkan karena udaranya sejuk dan bersih. Kulit penduduk kota ini terutama yang wanita putih susu. Bahkan kata orang Manado sendiri, bila orang tomohon ke Kota Manado kulitnya akan berubah kemerah-merahan. Itu karena saking putihnya mereka. Pusat kota Tomohon berada di sepanjang jalan utama sehingga bila ada acara baik di gereja pada Hari Minggu maupun acara pameran maka anda harus siap-siap dibelokkan ke arah jalan lain. Namun bagi pengendara yang tidak kenal daerah ini, tidak perlu khawatir karena mobil selalu diputar satu blok saja. Tidak jauh dari kota Tomohon anda juga bisa menuju Danau Linau. Danau yang bisa berubah hingga 7 warna. Untuk objek wisata ini akan dibahas pada tulisan akan datang. Disamping itu, anda juga bisa menuju Gunung Lokon dari kota Tomohon.

Memasuki Desa Kanonang maka akan terasa angin dingin Bukit Kasih. Perjalanan dari jalan utama ke Bukit Kasih sekitar15 menit. Melewati jalan desa yang penuh dengan sawah di kiri-kanan jalan membuat mata menjadi lebih sejuk. Untuk memasuki kawasan Bukit Kasih, anda harus membayar retribusi atau tiket masuk sebesar Rp 2000 per orang. Sedangkan mobil tidak dihitung. Begitu anda turun maka hawa dingin bercampur bau belerang akan langsung tercium.
Tampak sebuah tugu besar berdiri megah ditengah Bukit Kasih. Tugu ini merupakan penyataan bahwa semua agama menggambarkan ajaran tentang cinta kasih. Bila anda mau berfoto yang unik di tugu ini, mintalah untuk difoto oleh anak-anak yang akan mendekati anda. Tidak ada bayaran resmi cukup 10-20 ribu maka anda akan puas berfoto dengan berbagai gaya dengan kamera anda sendiri.


Patung Toar & Lumimuth
Dari kejauhan nampak 2 buah sketsa wajah pria dan wanita terukir di dinding bukit. Wajah wanita adalah Lumimuut dan wajah pria adalah Toar. Menurut legenda, Toar adalah anak dari dewi Lumimuut yang dibuahi oleh angin. Begitu dewasa, Toar kemudian mengawini Lumimuut, Ibunya sendiri hingga menghasilkan anak-anak yang menjadi cikal bakal orang Minahasa sekarang.

Jalan ke Puncak Bukit Kasih
Anda juga akan melihat banyak anak tangga di sebelah kiri dan sebelah kanan tugu yang menuju ke puncak Bukit Kasih. Anak tangga yang berada di sebelah kanan jumlahnya lebih sedikit tapi curam. Sehingga bila mau cepat sampai bisa lewat ini tapi buat yang menderita sakit jantung ada baiknya tidak melalui jalan ini. Setiap kira-kira 10 anak tangga akan ada tempat istirahat untuk menarik nafas panjang. Waktu tempuh dengan kecepatan normal kira-kira 30 menit untuk sampai di puncak. Oh iya, jangan lupa bawa minum karena diatas tidak penjual minuman. Jadi ngebayang kan bila sudah tiba dipuncak dan sedang haus-hausnya, tidak ada minum. Gimana coba!
Untuk tangga di sebelah kiri tugu, jumlah anak tangga lebih banyak namun lebih landai sehingga untuk yang tidak kuat mending lewat sini. Waktu tempuh lebih lama 10-20 menit dibanding lewat jalur kanan. Jalur

Kota Manado dari Bukit Kasih
sebelah kanan relatif lebih beruntung karena ada tempat istirahat yang dilengkapi dengan kursi-kursi serta ada penjual minuman.
Dipuncak Bukit Kasih ada akan menemukan 5 tempat ibadah agama resmi di Indonesia yaitu Budha, Hindu, Kristen Protestan, Katolik dan Islam serta 1 tempat semacam balai pertemuan yang cukup luas yang biasa digunakan untuk berteduh saat hujan mengguyur Bukit Kasih. Dari puncak akan terlihat Kota Tomohon dan Danau Tondano yang sangat menawan. Seandainya malam hari pasti lebih indah karena Kota Tomohon akan dipenuhi oleh cahaya lampu rumah. Buat yang muslim, anda bisa mencoba untuk sholat di atas karena airnya akan membuat anda menggigil namun terasa segar sekali.

Setelah selesai di puncak, ada baiknya anda melewati jalur kiri yang lebih landai karena lutut anda tidak akan terbebani terlalu tinggi. Sedangkan yang tidak mengalami masalah lutut, maka jalur kanan akan mempercepat anda tiba di dasar bukit. Bila yang merasa lapar, di jalur sebelah kanan tugu terdapat banyak warung-warung yang menjual Jagung bakar, Indomie, Pisang goreng serta minuman panas lainnya. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yaitu baju kaos bukit kasih. Harganya antara 30-40 ribu tergantung kemampuan tawar anda. Saya sempat menyesal juga melihat topi koboi yang persis dengan yang saya beli di Thailand. Kirain khas Thailand, ternyata di Bukit Kasih banyak yang jual. Banyak penjual-penjual souvenir yang akan menghampiri anda untuk menawarkan gelang, cincin dan kalung dari perak. Namun bila anda mau beli, ada baiknya beli kalung dengan liontin yang bisa berputar. Kelihatannya liontin seperti itu jarang ditemui ditempat lain. Lumayan buat oleh-oleh. Harganya 15 ribu setelah ditawar. Ada juga yang menawarkan gelang dari bahan rotan sintetis berwarna hitam, coklat muda, marun yang menurut penjualnya banyak artis sering memakainya. Harganya hanya 5 ribu per gelangnya. Kan lumayan buat mejeng!

Ngoni Jang lupa pigi Bukit Kasih jo begitu kata orang Manado!

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih untuk masukannya. Jangan lupa tuliskan email anda agar kami dapat menghubungi anda secara personal.